Kebijakan Privasi PT. Abacus Dana Pensiuntama
Pendahuluan
Sehubungan dengan penerapan dan pemenuhan terhadap Undang – Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi, berikut ini adalah Kebijakan Privasi PT. Abacus Dana Pensiuntama.
Apa itu Kebijakan Privasi?
Kebijakan Privasi adalah pernyataan yang menjelaskan bagaimana PT. Abacus Dana Pensiuntama mengumpulkan, menggunakan, dan melindungi informasi pribadi Peserta. Kebijakan ini dibuat untuk memberikan kejelasan dan keyakinan kepada Peserta mengenai perlindungan privasi Peserta saat bertransaksi dengan PT. Abacus Dana Pensiuntama. Kebijakan Privasi ini ditujukan untuk menginformasikan Peserta terkait dengan Pemrosesan Data Pribadi yang dilakukan di PT. Abacus Dana Pensiuntama
Data Pribadi
- Abacus Dana Pensiuntama (“ADP”) senantiasa berkomitmen untuk melindungi dan menjaga informasi/data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau non elektronik (“Data Pribadi”).
Kebijakan Privasi Peserta ADP ini (“Kebijakan Privasi”) merupakan standar yang diterapkan oleh ADP dalam melakukan pemrosesan atas Data Pribadi Peserta dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip pemrosesan Data Pribadi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Apa itu Persetujuan Pemrosesan Data Pribadi (Consent)?
Persetujuan Pemrosesan Data Pribadi adalah persetujuan yang Peserta berikan kepada PT. Abacus Dana Pensiuntama untuk memproses data pribadi Peserta sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No. 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi.
Pemrosesan Data Pribadi merupakan aktivitas ADP yang berkaitan dengan :
- Pemerolehan dan pengumpulan Data Pribadi
- Pengolahan dan penganalisisan Data Pribadi
- Penyimpanan Data Pribadi
- Perbaikan dan pembaruan Data Pribadi
- Penampilan, pengumuman, transfer, penyebarluasan atau pengungkapan Data Pribadi
- Penghapusan atau pemusnahan Data Pribadi
Ruang Lingkup Data Pribadi
Data Pribadi yang dikumpulkan oleh ADP meliputi Data Pribadi yang bersifat spesifik dan Data Pribadi yang bersifat umum.
- Data Pribadi yang bersifat spesifik, meliputi:
- data dan informasi kesehatan;
- data biometrik;
- data genetika;
- catatan kejahatan;
- data anak;
- data keuangan pribadi; dan/atau
- data lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
- Data Pribadi yang bersifat umum, meliputi:
- nama lengkap;
- jenis kelamin;
- kewarganegaraan;
- agama;
- status perkawinan;
- data Pribadi yang dikombinasikan untuk mengidentifikasi seseorang.
Bagaimana ADP Memperoleh dan Mengumpulkan Data Pribadi.
ADP memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi melalui berbagai sarana dan aktivitas antara lain:
- pada saat Anda mengajukan permohonan ke ADP dan melengkapi persyaratan untuk menjadi Peserta;
- pada saat Anda melakukan pengkinian data melalui sarana yang disediakan oleh ADP;
- pada saat Anda mengakses website yang disediakan oleh ADP.
- dari pihak terafiliasi ADP atau pihak lainnya yang bekerja sama dengan ADP (seperti: BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan dan lain-lain).
Tujuan ADP Melakukan Pemrosesan Data Pribadi
ADP akan melakukan pemrosesan atas Data Pribadi Anda yang ADP peroleh maupun kumpulkan untuk tujuan antara lain:
- administrasi dan pengelolaan data Peserta;
- pelaporan kepada regulator sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku; dan
- tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan atau diwajibkan oleh ketentuan hukum yang berlaku.
Pengungkapan Data Pribadi
ADP dapat mengungkapkan Data Pribadi Peserta kepada pihak terkait seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan dan Bank Indonesia untuk melaksanakan tujuan pemrosesan Data Pribadi sebagaimana dimaksud dalam tujuan pemrosesan data pribadi dalam Kebijakan Privasi ini. Dalam hal ADP mengungkapkan Data Pribadi Peserta kepada pihak lainnya yang bekerja sama dengan ADP, ADP akan senantiasa meminta kepada pihak lainnya yang bekerja sama dengan ADP untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan atas Data Pribadi Peserta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Hak Subjek Data Pribadi
ADP senantiasa berkomitmen untuk memenuhi hak Peserta sebagai Subjek Data Pribadi untuk mendapatkan informasi mengenai Data Pribadi Peserta yang telah dikumpulkan dan diproses oleh ADP. Peserta dapat meminta kepada ADP untuk memperbaiki, melengkapi, atau memperbarui Data Pribadi Peserta yang berada di bawah kendali ADP dengan tetap memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku.
Penyimpanan Data Pribadi
ADP melakukan penyimpanan Data Pribadi sesuai dengan ketentuan retensi penyimpanan data di ADP. ADP mungkin dapat menyimpan Data Pribadi Peserta lebih lama dari batas waktu yang ditentukan antara lain jika hal tersebut diperlukan untuk kebutuhan penegakan hukum, membantu mendeteksi kejahatan keuangan, atau menjawab permintaan regulator atau instansi yang berwenang. Jika ADP tidak membutuhkan lagi informasi terkait Data Pribadi Peserta, ADP dapat menghapus Data Pribadi Peserta sesuai dengan ketentuan yang berlaku di ADP.
Pengamanan Data Pribadi
ADP menggunakan berbagai cara untuk menjaga Data Pribadi Peserta tetap aman dan terlindungi, seperti penggunaan teknologi enkripsi dan bentuk keamanan lainnya. Di samping itu, ADP juga menerapkan langkah-langkah pengamanan dalam melakukan pemrosesan Data Pribadi.
Perubahan Kebijakan Privasi
ADP dapat mengubah, melengkapi, dan/atau mengganti Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk memastikan bahwa Kebijakan Privasi ini sejalan dengan ketentuan hukum yang berlaku, prosedur, dan praktik yang dijalankan oleh ADP dalam melakukan pemrosesan Data Pribadi.
Perhatian
Sesuai dengan penerapan Persetujuan Subjek Data Pribadi berdasarkan UU PDP No. 27 Tahun 2022, semua pengolahan data peserta harus memiliki persetujuan aktif dari Peserta ADP yang disampaikan secara elektronik maupun non elektronik.